Sabtu, 05 Oktober 2013


Setelah melewati beberapa minggu “penuh pergolakan, perjuangan dan berlika-liku jalan” (sok dramatis), akhirnya kelar juga proyek website toko online yang istri minta. Proyek ini pun sempet  nggantung  1-2 tahun, hanya karena saya kurang produktif dan muales bikinnya, disertai muntahan dan berondong alasan buat website itu susah, susah dan setidaknya butuh jasa programmer “eman-eman duitnya “, makan waktu lama, dan the last reason ini yang bikin “wegah”,  lambate poool akses internet dari rumah. Maklumlah dulu beli rumah carinya di daerah pinggiran “kota atas”, ngepasin kocek cicilan bulanan dan sing penting bebas banjir.

Langganan Indosat IM2 dari tahun 2009 pake unlimited Rp 100.000 / bulan, sepertinya tidak banyak membantu, sampai sekarang jaringan yang ada sebatas EDGE. Sinyal HSDPA/3G ga kuat naik gunung.  Sudah beberapa email tak tanyain kapan jaringan HSDPA/3G akan masuk, namun belum ada kepastian, padahal lokasi sudah mulai padat pemukiman, pasar, sekolah, masjid dan lapangan wis lengkap yang mestinya dari sisi kacamata bisnis provider itu layak dan punya potensi disediakan, toh perkembangan kota diproyeksikan  bergerak ke “kota atas”. Harus diakui sih IM2, kalau dibawa ke lokasi full HSDPA/3G no complaint-lah, wuus..wuus seperti Shinkasen.
 
Lemotnya akses internet ini kerap bikin dongkol dan gundah gulana, saat  hp berdering dari kantor suruh mbuatin item baru di company ERP system, bisa satu sampai dua jam hanya untuk buat satu item dan settingannya,  mustinya hanya butuh waktu normal kurang dari 5 menit.  Makanya kalau ada telp kantor kayak gitu, jikalau tidak urgent banget, saya sampaikan “besok saja tak buatin di kantor ya Pak, atau kalau mau tunggu setengah hari lagi ya”. 

Nyoba pakai Telkomsel Flash pun setali tiga uang, seringgit si dua kupang.  Lanjut nyoba smartfren. Nah ini smartfren baru lumayan, cukup cepat, tapi bro modem cepat panas, koneksinya ga stabil, putus sambung…putus sambung, kalo sudah putus mesti login lagi dan lagi, dan mesti pinter cari jam-jam khusus supaya lancar , biasanya dini hari (niatnya mo solat malam atau internetan tho mas  he..he..)


Kembali ke proyek website, setelah istri keukeuh minta dibuatkan toko online bagaimanapun caranya, akhirnya tgl 3 Sept 2013 lalu, aku beli account hosting dan domain lewat IDwebhost  paket hosting idPreMedium ( space 350 MB, bw 15 GB ) senilai Rp 235.000,- untuk setahun dengan nama www.avneina.com. 

Hmm…kenapa dinamakan avneina ? Kurang tahu juga sih, bisa jadi itu sebuah perpaduan namaku dan nama istri, “so beautiful” dan "ear catching" enak didengar untuk sebuah nama pikirku, mungkin kelak akan jadi alternative nama kalau dikasih seorang putri. Tanya Mbah Google, ternyata avneina ada artinya pula,  “yang pertama” dari bahasa Yunani, dan biasa dipakai untuk memberi nama bayi perempuan.  Cukup nyambung sebagai sebuah nama toko online yang jualan aneka busana ibu menyusui, sekaligus menguatkan niat untuk  jadi “ yang pertama” webstore pilihan pelanggan.

Berharap suatu saat bisa menjadi sebuah brand besar , maka langsung aku keep nama “avneina” di blogspot, gmail, dan facebook sebelum diambil orang lain.

Account dan hosting sudah tersedia, selanjutnya tinggal buat websitenya. Nah ini yang bikin bingung, mana basic bukan website programmer, mau beli website yang langsung jadi kok sayang banget sama duit. Jasa pembuatan website pun bervariasi dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pilihan selera dan bujet. Akhirnya diputusin buat sendiri wae, sekalian belajar otodidak nambah ilmu.

Problem internet di rumah lemot, maka terpaksa buat website pun dari kantor. Saya berusaha menjaga integritas disini, hanya buat website di luar jam kerja kantor / di jam istirahat, dan itupun menggunakan pulsa pribadi, tidak menggunakan fasilitas internet kantor. Prinsipnya sih untuk kepentingan di luar urusan kantor sebisa mungkin jangan menggunakan waktu dan fasilitas kantor, itu prinsip, prinsip, dan prinsip. He..he.. sok idealis banget loe...

Pertama nyoba instalasi CMS dengan Joomla dan VitueMart, untuk instalasi Joomlanya oke, namun saat instalasi Virtuemart (ekstensi untuk online shop di joomla) nya gagal, sepertinya ada yang tidak compatible, ga tahu kenapa.  Akhirnya dengan terpaksa saya uninstall, kemudian beralih ke CMS Opencart.  Prosesnya cepat dan mudah, dalam sekejap website sudah jadi meski  dengan tampilan template default Opencart dominasi warna putih dan abu-abu. Wow…lumayan bagus dan powerful. Seorang beginner ternyata bisa buat website sendiri meski kagok di awal. Dari situ kemudian berkembang coba modul-modul /ekstensi dan template-template gratis ala opencart. That’s very simple, thanks to Opencart.

Berikutnya trial error input sebanyak-banyak keywords yang ada hubungannya dengan isi website,  ke semua tag kategori dan produk dari Yahoo, Google , Bing, Amazon, You Tube dan Wikipedia, seperti contohnya : 


blus ibu menyusui
blus inisiasi menyusui dini
blus gambar ibu menyusui
blus baju menyusui
blus menyusui bayi
blus cara menyusui
blus makanan ibu menyusui
blus menyusui saat hamil
blus video ibu menyusui
blus diet ibu menyusui, dll

Dengan harapan bisa naikkan peringkat pencarian google, namun urung kulakukan, kuatir hal itu dianggap spam dan will banned by Mbah Google. Lanjut, dengan membuat back link di blogger, atau pasang link di situs iklan-iklan gratis,  rupanya cukup ampuh.  Saat coba search "blus kaos menyusui", website sudah bisa nongol di halaman ke- 2 pencarian google, lumayanlah untuk new comer...Yang jelas jualan di toko online penuh kompetisi untuk bisa dikenal banyak orang, karena disitulah market sharenya.
 
2 minggu berikutnya, Speedy pun terpasang di rumah, koneksi internet tanpa ampun langsung speed up this project. Alhamdulilah selesai juga proyek website "sederhana" ini tinggal entry produk kedalamnya. Tahap paling berat berikutnya justru menjalankan proses bisnis online itu sendiri  dengan semangat kejujuran, terpercaya, dan professional . Semoga menjadi berkah bagi kelangsungan bisnis kami jangka panjang.

Happy launching

| Webstore Busana Muslimah, Busana Ibu Menyusui yang Trendy & Fashionable |

Salam Aa-Vyp

0 komentar:

Posting Komentar