Senin, 24 Desember 2012


Sumber gambar : www.futuretechnology500.com/


Seperti apa gambaran teknologi masa depan. Saya coba mengimajinasikan dari pikiran cekak seorang awam bernama Aa- Vyp. Karena Aa-Vyp sejatinya bukan seorang ilmuwan,  proyeksi  ini bisa jadi tepat, bisa jadi salah. Silahkan dikoreksi atau ditambahkan possibility-nya di masa depan, siapa tahu jadi ide brilian buat para ilmuwan…


1.       Jaringan listrik tanpa kabel

Terinspirasi dari jaringan telekomunikasi nirkabel saat ini, mungkin di masa depan aliran listrik tidak dihantarkan lewat kabel lagi, tapi lewat udara.  Menggunakan pemancar semacam tower BTS, listrik dialirkan dan kemudian diterima oleh receiver peralatan listrik. Tidak perlu lagi ada kabel-kabel ruwet melintas diatas kita. Mobil-mobil listrik pun tak perlu berhenti untuk isi ulang, cukup dengan mengaktifkan receiver, listrik akan dicas ulang setiap melewati area yang tercoverage sinyal listrik dari tower terdekat.

2.       Teknologi Hunian Terapung/Mengambang di Air

Padatnya populasi manusia, mengurangi ketersediaan lahan daratan untuk hunian. Di masa depan laut akan dikapling-kapling, dan dijadikan hunian terapung manusia seperti layaknya kapal-kapal yang berderetan. Teknologi hunian terapung ini bisa dimanfaatkan untuk hunian didaerah pesisir yang rawan rob atau jadi langganan banjir.  Saat air mulai pasang atau banjir, rumah otomatis akan megambang. Jadi tidak perlu khawatir isi rumah basah kuyup kebanjiran.

3.       Teknologi Hunian Mengambang di udara

Hampir sama dengan alasan diatas, teknologi anti gravitasi diaplikasikan untuk hunian manusia, sehingga akan ada rumah yang terbang setinggi tugu monas.

4.       Uang kertas dan logam lenyap

Fungsi uang kertas dan logam saat ini pun mulai tergantikan dengan kemudahan kartu gesek,  transaksi tidak perlu repot lagi membawa segepok uang. Perlahan tapi pasti kedepan uang kertas dan logam akan jadi sejarah. Besok, seseorang hanya perlu menunjukkan chip berisi rekaman data pribadi lengkap dan account rekeningnya untuk setiap transaksi keuangan yang dilakukan.  Bayangkan bro…hasil kerja keras kita dibayar hanya dengan angka-angka digital yang masuk rekening kita. Kita kerja keras mengejar nominal angka digital ??? Lalu di mana fungsi emas fisik saat itu ya sebagai jaminan moneter…

5.       Hewan Purba dibangkitkan kembali

Besok liburan bawa keluarga ke Jurassic Park asli yang ada dinousaurusnya…, ih sereem…


6.       Modifikasi tanaman/mikrorganisme yang mampu menyerap banyak CO2 dan menghasilkan banyak O2

Ilmuwan menciptakan tanaman-tanaman kerdil yang tidak butuh lahan luas atau mikrorganisme, tapi bisa menyerap CO2 dan menghasilkan banyak O2 secara optimum.

7.       Teknologi pembaca pikiran manusia

Teknologi semacam telepati ini bisa digunakan buat internetan. Ada chip yang terpasang di kepala. Kemudian kita tinggal berpikir “Mbak Google tolong cariin anu dan anu segera”. Hasil pencarian pun kemudian muncul di kacamata / soft lense kita.
8.       Teknologi pembaca mimpi manusia

Wah mimpi kita bisa direkam dalam tampilan visual. Nah loo..yang suka mimpi jorok suka kali, ngelihat ulang mimpinya.

9.       Televisi yang mampu mengeluarkan bau dan rasa

Harumnya masakan di acara kuliner bisa tercium secara real di kaca televisi anda, dan tentu bisa sedikit mencicipi rasanya.

10.   Berpelukan dari jarak yang jauh

Jika kita kangen dengan anak/cucu kita yang terpisah jarak jauh, melalui teknologi video conference masa depan, kita bisa membelai-belai , memeluk dan merasakan hangatnya tubuh mereka. Dan yang jauh disana pun bisa merasakannnya.  Nah gawatnya bakal digunakan  untuk mereka yang sedang pacaran.

11.   Mobil dan sepeda motor terbang

Sangat lumrah di masa depan melihat mobil/motor sliweran terbang diatas rumah kita. Asal jangan apes saja rumah kita kejatuhan mobil/motor yang mogok.

12.   Bulan jadi tempat pembuangan sampah dan limbah manusia

Makin banyak sampah dan limbah (radioaktif) yang tidak bisa diolah lagi, buang aja ke Bulan…

13.   Robot-robot humanism

Kalau di Thailand kita bingung ini cewek asli atau aslinya cowok ya, kok cantik amat. Dimasa depan kita bingung, ini manusia asli apa robot ya…

14.   Belanja di supermarket dengan robot online

Kalau belanja di supermarket saat ini mesti datang kesana bawa kendaraan , melihat dan memilih-milih secara langsung. Masa depan supermarket/toko akan menyediakan robot-robot online yang bisa kita remote dari rumah, berjalan-jalan dan memilih barang belanjaan kita. Hasil belanjaan akan dikirim melalui jalur distribusi bawah tanah yang terkomputerize.


15.   Perang Dunia

Tak terbayang seperti apa dahsyatnya dan ngerinya teknologi Perang Dunia 3. Yang jelas di Perang Dunia 4, manusia akan berperang dengan batu, tongkat, tombak dan pedang.


0 komentar:

Posting Komentar