Kamis, 04 September 2014


Harus diakui nama-nama anak zaman sekarang terdengar bagus nan indah. Wajarlah saat ini begitu mudahnya mencari pembendaharaan nama yang bagus,cantik dan indah. Mau yg beraksen jawa, arab,jepang,cina,inggris,prancis, yunani, ibrani semua mudah dicomot termasuk arti dan maknanya, tinggal otak atik gathuk sang ortu maunya apa. 

Terkadang saya suka baca list nama-nama anak rekan kantor, asyik juga membaca dan mengamatinya. Lain nama anak lain nama ortu pada generasi yang berbeda, sepertinya langsung terasa sekali "njomplangnya", ketika melihat siapa nama ortu dan bagaimana nama anaknya. Dibanding nama anak, nama ortu masih banyak didominasi nama yang "bercitarasa" lokal dan sangat mudah untuk diingat bagi generasi setengah tua seperti saya. Nama-nama yang bercita rasa lokal nih contohnya Sumarno, Bambang, Joko, Sutarno, Sugiarto, Katimin, Trianto dan lain-lain, he he he...


Sekarang kita coba ukur, berapa banyak dari kita yang sanggup menghapal nama lengkap anak-anak tetangga, rekan kerja, bahkan ponakan-ponakan kita. Enak didengar, tapi sulit diingat, hadeew...

Saya punya ponakan satu saja sering lupa atau kebalik balik mengingat nama lengkapnya yang sampai 4 kata.
Apalagi sang mertua sudah tidak sanggup lagi menghapal nama lengkap cucu-cunya yang berjumlah 8. 

Mungkin dari kita masih ingat dengan jelas nama lengkap teman sekolah, teman kuliah, sahabat maupun rekan kerja kita. Kira-kira besok apakah anak-anak kita juga masih akan mengingat dengan baik nama lengkap rekan-rekannya ? 


Memang lain dulu, lain sekarang. Kalau ada pepatah apalah arti sebuah nama, tentulah saya tidak setuju. Adalah hak dan kebanggaan orang tua memberi nama yang baik dan indah untuk si buah hati, karena nama pada dasarnya adalah doa dan harapan orang tua. Lantas bagaimana dengan nama lengkap anak anda, kira-kira termasuk golongan yang sulit diingat atau tidak ? 

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus